BAB 1 - Pendahuluan
1.1 Pendahuluan
Buku ini merupakan metode pembahasan megenai konsep visualisasi grafik dan beberapa macam media visual dimulai dengan penjelasan meneyeluruh mengenai visualisasi dan grafik sebagai tiang pembangun materi yang akan dibahas pada buku ini. Konsep mengenai viusalisasi grafik yang di jabarkan tahap demi tahap yang diusahakan sesistematis mungkin, mulai dari pengertian,sejarah hingga ke implementasi beserta contohnya. Penulisan buku ini disusun seringkas dan seefektif mungkin dengan maksud agar pembaca mendapat banyak informasi/ilmu hanya dengan membaca buku yang tidak begitu tebal yang dibantu dengan banyak gambar dan keterangannya. Perapan konsep visualisasi grafik yang diterangkan dalam buku ini di ambil dalam beberapa aspek. Khusus untuk contoh-contoh programnya dalam buku ini hanya menerangkan secara garis besar.
Buku ini terdiri dari 5 Bab (3 bagian). Bagian I terdiri dari 2 bab yaitu Bab 1 Pendahuluan dan Bab 2 konsep konsep visualisasi grafik dan media vsiualisasi. Bagian II yaitu hanya terdiri dari 1 bab saja yaitu Bab 3 perangkat lunak yang menerapkan konsep visualisasi grafik. Sedangkan bagian III yaitu Bab 4 dan Bab 5 adalah membahas Implementasi konsep visualisasi dan kesimpulan & saran, Sehingga buku ini tersusun bertahap sesuai kajian pembahasan.
1.2 Latar Belakang
Visualisasi adalah menggunakan teknologi komputer sebagai pendukung untuk melakukan penggambaran data visual yang interaktif untuk memperkuat pengamatan atau dapat juga diartikan bahwa visualisasi adalah metode penggunakan komputer untuk mentransformasikan simbol menjadi geometrik dan memungkinkan peneliti dalam hal mengamati sumulasi komputasi yang dapat memperkaya proses penemuan ilmiah sehingga dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak terduga. Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulakan bahwa visualisasi adalah suatu teknik penggunaan komputer untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan data. Dengan menggunakan visualisasi, data yang ditampilkan dapat mempermudah peneliti untuk melihat data yang sulit dilihat dengan pemikiran sehingga peneliti bisa mengamati simulasi dan komputasi, juga memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduka, salah satu contohnya adalah dengan menampilkan data atau informasi dalam bentuk gambar, contoh: grafik, struktur tree, pola, warna.
Beberapa tujuan dari visualisasi adalah:
1. Mengeksplor Kegiatan eksplor dapat disebut juga penjelajahan atau pencarian, adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu yang baru. Dalam hal visualisasi, mengeksplor bisa dalam bentuk eksploarasi terhadap data atau informasi yang ada yang dapat digunakan sebagai salah satu bagian dari elemen pengambilan keputusan.
2. Menghitung Menghitung adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapat gambaran tentang dimensi atau bentuk suatu objek. Dalam hubungannya dengan visualisasi, menghitung dapat diartikan sebagai kegiatan melakukan analisa terhadap data yang ada dalam bentuk gambar seperti grafik dan tabel yang sudah terhitung sehingga manajemen hanya perlu melakukan pengambilan keputusan dari data yang sudah terhitung.
3. Menyampaikan Data mentah yang diolah lalu ditampilan dalam bentuk seperti grafik merupakan bentuk penyampaian dengan cara pendekatan visual yang mana dapat membuat orang yang melihat gambar tersebut dapat dengan mudah menyimpulkan arti dalam gambar tersebut karena secara umum data yang diolah dalam bentuk grafik lebih mudah dipahami karena sifatnya yang tidak berbelit-belit melainkan langsung kepada point yang dituju.
1.3 Macam-Macam Media Visualisasi
1.3.1 Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperhatikan.
1.3.2 Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan. Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik.
1.3.3 Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi.
1.3.4 Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Dengan berasumsi pada konsep tersebut, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada da sarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna.
1.3.5 Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.
1.3.6 Gambar
Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.
1.3.7 Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambargambar keterangan- keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan,perbandingan, struktur, organisasi.
Comments